Mencari Minuman Teh yang Berkualitas (2): Mengenal Camelia sinensis

People would go without rice for three days but would not go without tea for single day

-China Proverb-

Pada artikel sebelumnya Mengenal Minuman Teh yang Berkualitas (1): Konsumsi Teh telah dibahas secara sekilas tentang peningkatan konsumsi teh di Indonesia. Masyarakat Indonesia cenderung lebih familiar menikmati teh melati jika dibandingkan dengan teh hitam murni atau teh hijau. Sebagian besar masyarakat Indonesia juga belum banyak mengetahui perbedaan serta parameter kualitas dari berbagai macam jenis teh. Sehingga masih banyak pertentangan di level awam terhadap kesukaan teh.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh World tea production and trade Current and future development, 2015,  Indonesia termasuk dalam 10 besar negara penghasil Teh di Dunia. Meskipun secara statistik produksi indonesia mengalami fluktuatif yang signifikan dari tahun ke tahun dan sudah disalip oleh negara tetangga Vietnam. China masih menjadi terdepan sebagai produksi teh terbesar di Dunia yang mencakup 38% dari total produksi global secara keseluruhan. India masih menjadi produsen terbesar kedua di Dunia dengan peningkatan produksi mencapai 1,2 juta ton di tahun 2013 diikuti oleh kenya dan Sri Lanka. Khusus Produksi Teh Indonesia di tahun 2013 adalah 152 700 Ton meningkat dibandingkan dengan tahaun 2012 yang hanya 150 000 Ton. Produksi teh Indonesia hampir separuhnya untuk komoditas ekspor ke luar negeri. Maka tidak salah, budaya meminum teh di negara kita bukan menjadi tradisi. Bandingkan saja dengan Inggris atau Rusia meskipun di negara tersebut tidak ada memproduksi teh, namun konsumsi teh kedua negara tersebut merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis L,. Tanaman teh banyak ditanam pada daerah dataran tinggi (≥ 1300 mdpl) dengan curah hujan 3000 mm/tahun. Selain itu suhu dan kelembapan juga turut berpengaruh terhadap produktivitas dan kualitas teh yang dihasilkan. Teh yang berada pada dataran tinggi dan suhu rendah dan ajrang hujan  akan dihasilkan teh dengan produktivitas rendah  tetapi akan diperoleh teh dengan kualitas yang baik. Hal tersebut tidak lepas juga dari pengaruh jenis klon,  pemupukkan, jumlah naungan, proses pemetikan daun teh, dan pemangkasan teh.

Terdapat dua varietas utama dari C. sinensis. Pertama adalah varietas Assamica dan yang kedua adalah varietas Sinensis. Varietas Assamica (C. Sinennsis Var. Assamica) berasal dari wilayah Assam di daerah Utara India. varietas assamica banyak ditanam di India, Indonesia, Sri lanka dan sebagian negara Afrika karena memiliki keunggulan di produktivitas dan cepat tumbuh. Ciri-ciri varietas assamica umumnya memiliki ukuran daun yang lebih besar dan panjang. Varietas assmica juga kaya akan senyawa flavanosl dan kafein serta tinggi akan aktivitas dari enzim polifenol oksidase. Varietas assamica sangat cocok untuk produksi teh hitam, teh oolong, dan teh pu’erh.

foci-12-337
Perbedaan varietas Assamica dan Sinensis 

 

Hal yang berbeda untuk varietas sinensis (C.Sinensis var. Sinensis) yang aslinya berasal dari Cina. Strain ini sangat cocok untuk diproduksi sebagai teh hijau walapun juga bisa untuk teh hitam, teh oolong dan teh putih. Varietas sinensis memiliki daun yang lebih kecil dan cenderung seperti semak belukar atau perdu dan sangat lambat pertumbuhannya. Komponen biokatifnya lebih banyak nitrogen dibandingkan komponen flavanol. Aktifitas enzim polifenol oksidasenya relatif lebih sedikt jika dibandingkan dengan varietas assamica.

tea-fields-02
Perdu teh dari varietas Sinensis
173318
Varietas Assamica, tampak terlihat bentuknya adalah pohon

Itulah pengenalan awal dari jenis tanaman teh. Mengenal awal asal tanaman teh dan varietasnyaakan membantu kita untuk menyelami lebih dalam ketika saat proses pengolahan dan karakteristik dari masing masing jenis teh. sehingga saat berkunjung ke kebun teh kita bisa mengenali jenis jenis varietas tanaman teh itu.

Selanjutnya akan dibahas lebih terhadap daun teh tersebut.

Salam Hangat

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Mencari Minuman Teh yang Berkualitas (2): Mengenal Camelia sinensis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s