Mengenal Minuman Teh yang Berkualitas (1): Konsumsi Teh

Teh telah menjadi minuman populer di dunia setelah air mineral. Hal tersebut dikarenakan banyak manfaat kesehatan yang diperoleh ketika meminum teh. Senyawa polifenol seperti Flavanol,    senyawa katekin dan kerabatnya, kandungan asam amino, dan flavan-3 ol memiliki aktivitas antioksidan yang baik bagi kesehatan. selain itu senyawa tersebut secara ilmiah terbukti mampu menghambat aktivitas virus influenza, meningkatkan aktivitas insulin, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mampu menurunkan kolesterol. Selain itu Aroma yang segar dari teh serasa membuat siapa saja yang menghirup akan merasakan sensasi menenangkan dan menyegarkan.

Tidak bisa dipungkiri lagi dengan banyaknya masyarakat yang mengetahui manfaat minuman teh dan meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan berakibat meningkatnya tingkat konsumsi teh di Indonesia. Kaison Chang, sebagai Secretary dari FAO-Intergovernmental Group on tea, dalam laporannya di World tea production and trade Current and future development, 2015, melaporkan bahwa konsumsi teh di Dunia terus mengalami peningkatan di tahun 2013. Total konsumsi teh secara keseluruhan meningkat menjadi 5%. Sedangkan di Indonesia, total konsumsinya menjadi 65.00 Ton di tahun 2013 dibandingkan pada tahun 2006-2008 yang hanya 56.000 Ton. Meskipun begitu, tingkat konsumsi teh di Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara Rusia, Inggris, Cina, India, jepang, dan Iran.

Peningkatan konsumsi teh di Indonesia masih belum diimbangi terhadap Kualitas dan karakteristik produk teh itu sendiri. Masyarakat Indonesia masih jarang yang mengenal produk teh yang berkualitas. Umumnya masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal Teh wangi atau teh melati, teh hijau dan teh hitam. Tapi masih sedikit yang mengenal teh Oolong, teh Pochong atau Teh Putih yang sangat menyegarkan dan banyak manfaat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa teh yang banyak beredar di pasaran Indonesia boleh dikata merupakan Grade grade dengan kualitas dua. Apalagi masih sedikit masyarakat kita yang mengenal Teh Putih asli meskipun di iklan TV banyak menayangkan seorang bintang yang menikmati minuman teh putih siap minum dalam botol. jika mau Jujur, Teh putih itu sangat mahal dan yang digunakan dalam minuman teh dalam botol tersebut hanyalah tidak lebih dari 1% teh putih sedangkan sisanya  menggunakan teh hijau.

tea d
Teh berkualitas dihasilkan dari daun teh pucuk

Lalu bagaimana cara memperoleh dan menikmati teh yang baik??

Untuk mengetahui Hal tersebut, hal yang pertama harus diketahui adalah bagaimana cara produksi dari berbagai macam teh tersebut.

 

kami akan membahas hal tersebut pada artikel kami selanjutnya

grade teh1
Salah satu jenis grade teh hitam
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s